Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Jumat, 05 Februari 2010

Lebih Baik Demo Kebo daripada Demo BH

Laporan: Zul Hidayat Siregar

Jakarta, RMOL. Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) Jakarta menyayangkan aksi demonstran yang kerap membawa pakaian perempuan sebagai perangkat dalam berunjuk rasa.

Menurut Kepala Divisi Pelayanan Publik LBH APIK Jakarta, Hamim, tindakan itu melecehkan perempuan, juga membenarkan pandangan yang menganggap perempuan lambat, lemah, dan harus selalu dituntun untuk berjalan.

"Padahal kan tidak. Ada perempuan yang lebih hebat dari lelaki. Hanya karena keran kesempatan saja yang belum dibuka secara lebar. Ini (Demo BH) menunjukkan budaya patriarkhi masih kuat di masyarakat," kata Hamim kepada Rakyat Merdeka Online sesaat lalu (Kamis, 4/2).

Tidak hanya demonstran laki-laki, demonstran perempuan juga sering membawa simbol-simbol perempuan. Hal ini terjadi karena perempuan sudah terlalu lama berada di bawah dominasi laki-laki. Menurut Hamim, agar bisa langsung didengarkan oleh penguasa lebih baik demonstrasi dilakukan dengan membawa kerbau daripada BH.

"Lebih baik demo bawa kerbau, daripada bawa BH. Buktinya, demo bawa kerbau langsung direspons Presiden SBY," katanya.

Sebagai penolakan terhadap demonstrasi yang membawa simbol keperempuanan, dia membuka grup di halaman Facebook yang diberi nama "Lawan Penggunaan Pakaian dalam Perempuan Sebagai Perangkat Aksi." [zul]

Bookmark and Share

Tidak ada komentar: