Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Rabu, 03 Februari 2010

Puluhan Gadis Jajakan Diri Via Facebook


Facebook

Jakarta, (tvOne) Situs jejaring sosial, Facebook mulai beralih fungsi, dari sekedar situs pertemanan menjadi situs untuk menjual harga diri. Salah satunya adalah dengan terungkapnya praktek prostitusi anak baru gede (ABG) lewat Facebook oleh Kepolisian Wilayah Kota Besar Surabaya Jawa Timur, kemarin (31/1). "Dua tersangka yang diduga mucikari telah ditahan," kata Kepala Polwiltabes Surabaya Komisaris Besar (Kombes) Ike Edwin kedalam telewicaranya dengan tvOne, Senin (1/2).

Salah satu tersangka bernama Hendri Margari. Kombes Ike Edwin mengatakan, sejauh ini ada 25 ABG yang menjadi pelaku prostitusi ini. Lima diantaranya telah diperiksa pihak kepolisian. Menurut Ike, praktek prostitusi via Facebook ini sudah berlangsung sekitar dua bulan. ”Mereka mengaku baru melakukan ini selama dua bulan,” ungkapnya.

Ike menjelaskan, modus kejahatannya dilakukan dengan cara memajang sekitar 25 foto ABG di Facebook. Pria hidung belang alias pengguna seks pun lantas mempunyai kebebasan untuk memilih ABG mana yang akan disewa. Proses negoisasi harga dan lokasi pelacuran ini dilakukan melalui chatting. Mucikari akan menjadi penghubung antara pengguna seks dengan ABG tersebut.

Usai melakukan transaksi, para ABG berusia kisaran 15-16 tahun tersebut akan mendapat bagian bayaran sekitar Rp400 ribu hingga Rp800 ribu. "Kami menyita uang dari para tersangka sebesar Rp 1,7 juta," kata dia.

Salah tersangka bernama Hendri Margari. Ia mengatakan, para orang tua ABG tersebut sangat terkejut dengan prilaku anaknya. Mereka tidak mengetahui hal tersebut. Selain memanggil para tersangka, polisi juga berencana memanggil pihak sekolah. "Kami akan panggil semua yang terkait," katanya.

Menurutnya, kasus prostitusi ABG via Facebook ini merupakan yang pertamai kali terungkap di Surabaya. Ia mengaku, kepolisian berhasil mengungkap hal ini karena laporan dari masyarakat. "Ada laporan dari masyarakat lalu kami kembangkan," katanya.

Bookmark and Share

Tidak ada komentar: